Rabu, 29 Agustus 2007

PERCEPTION....

Indonesia, Jakarta khususnya merupakan suatu daerah yang sangat padat oleh komunitas yang terbagi lagi menjadi banyak komuditi.

Entah apa yang terjadi di masa lampau, Jakarta sendiri adalah sebuah kota dimana (sekarang ini) menjadi ucuan referensi oleh kota-kota kecil lainnya di Indonesia. Baik dari segi positif maupun negatif. Nggak heran kadang manusia (Khususnya di Jakarta) agak susah untuk ditebak!

Basicly, manusia itu adalah makhluk yang misterius! Karena misterius, secara tidak langsung akan susah ditebak pemikirannya atau pemahamannya akan sesuatu hal. Nggak heran memang! Lantaran setiap manusia (sepertinya) mempunyai persepsi (pandangan) yang berbeda satu antara lainnya.

Contoh yang paling sering ditemui adalah pada saat beberapa orang politik sedang adu argumen di sebuah talkshow salah satu televisi swasta. Pada acara itu jelas sekali terlihat
persepsi yang (sering kali) tidak bisa dicerna dengan baik oleh otak yang kita miliki. Entah karena persesi kita berbeda atau karena alasan lain, only god know it!

Contoh persepsi yang (belum lama ini) saya temui adalah sebuah perkataan teman. Kebetulan pada saat itu saya sedang diledekin karena gagal mendapatkan seseorang (yang kebetulan) wanita untuk dijadikan 'pujaan hati'. Hiya....

Menurut dia,
"Jodoh itu Tuhan ada yang atur! Mungkin tuhan udanh ngatur kalau lo nggak jodoh sama dia!"

Anggapan tersebut nggak salah! Karena based on his perception. Tai buat saya, Tuhan itu bukan mengatur. Namun hanya mengarahkan, dan kita sebagai umatnya yang menjalankan.

Kenapa? Karena pada dasarnya manusialah yang menentukan apa yang akan terjadi ada dirinya. Neither itu jodoh, kematian, rezeki, dll. Namun, 'itu semua' tergantung dari bagaimana manusia itu sendiri memandang suatu 'hal' sehingga tercipta sebuah persepsi dan (biasanya) diajdikan jadi diri sehingga muncul sebuah pendirian yang dijadikan pedoman dalam menjalani hidupnya. Dan tentunya dalam menjalani hidup, manusia akan dihadapkan pada banyak pilihan.

This is because, (baca judul blog di atas!)

Tidak ada komentar: